MIH

Translate

Monday 18 May 2015

BAB 2 MATA KULIAH ANGGARAN PERUSAHAAN



Anggaran Penjualan
Maulana Ikhsanul Haq, SE.


FORCAS PENJUALAN

A.   Pengertian Forcas Penjualan : adalah suatu proyeksi teknis mengenai permintaan produk dari langganan potensial pada suatu periode tertentu diwaktu yang akan datang dengan berbagai asumsi.

B.   Pendekatan Operasi Usaha Perusahaan.
1.     Pendekatan Spekulatif
2.     Pendekatan Kalkulatif

C.   Teknik Forcas Penjualan
1.     Berdasarkan Kualitatif
2.     Berdasarkan Kuantitatif

Pendekatan Spekulatif adalah suatu pendekatan operasi usaha perusahaan dimana perusahaan dalam menjalankan operasi usahanya tidak memperhitungkan resiko-resiko yang akan diahadapi baik yang timbul dari faktor intern maupun faktor ekstern.
Pendekatan Kalkulatif adalah suatu pendekatan operasi usaha perusahaan dimana perusahaan dalam menjalankan operasi usahanya secara proaktif dengan melakukan estimasi-estimasi terhadap resiko-resiko yang akan diahadapi baik yang timbul dari faktor intern maupun faktor ekstern.
Berdasarkan kualitatif yaitu suatu teknik forcas penjualan dengan menggunakan pendapat ; seperti pendapat salesman, manajer penjualan, direktur pemasaran, para ahli dan konsumen.
Berdasarkan Kuantitatif yaitu suatu teknik forcas penjualan dengan menggunakan metode matematik dan statistik seperti metode semi average metode least square, metode moment dan metode regresi.

Metode semi average
Y       =       a        +       bx
a        =       X  kelompok 1
b        =       (X kelompok 2) – (X kelompok 1)
                                      n
X       =       Jumlah tahun dihitung dari periode dasar
n        =       Jumlah tahun dalam kelompok 1 atau kelompok 2      

Metode Least Square
          Y       =       a        +       b x
          a        =       S Y
                             n

          b        =       S XY
                             S X2

          n        =       Jumlah tahun dihitung dari data historis
          x        =       Jumlah tahun dihitung dari periode dasar

Metode Moment
          Y       =       a        +       bx
Dimana       :
          I.   S Y           =    n . a   +   b S X
          II. S XY =   a .S X         +  bS X2                        
          n = Jumlah tahun dihitung dari data historis
          x = Jumlah tahun dihitung dari periode dasar





Metode Regresi
          Y       =       a        +       b x

Dimana :
          b        :   n . Sxy - Sx . Sy
                   n .Sx2- (Sx)2        

          a        :   SY - bSx
                   n       

          n  =   Jumlah tahun dihitung dari data historis
          x  =   Jumlah tahun dihitung dari periode dasar

Kasus         :
PT. Muhammad Nur Fikri merencanakan penjualan untuk tahun 2015 dengan data historis penjualan sebagai berikut :
Tahun                   Penjualan             Keterangan
2006           140.000 unit                  Penjualan disebar di Jakarta 60% dan Bandung 40%
2007           146.000 unit                  Waktu Penjualan menggunakan Dwibulan :
2008           160.000 unit                  Dwibulan 1 : 10%, Dwibulan 2: 15% Dwibulan 3: 12%
2009           154.000 unit                  Dwibulan 4: 20%, Dwibulan 5: 18% dan Dwibulan 6: 25%.
2010           160.000 unit                  Harga Jual tahun 2015 sebesar Rp 100,-
2011           200.000 unit
2012           190.000 unit
2013           210.000 unit

Diminta :
a.     Hitung forcas penjualan  dengan metode semi average !
b.     Gambarkan grafik !
c.      Tentukan Penjualan tahun 2015 atas perhitungan forkas penjualan diatas
d.     Buatkan Anggaran Penjualan tahun 2015 hasil dari perhitungan Forkas penjualan diatas








PT. Maulana Ikhsanul Haq merencanakan penjualan untuk tahun 2015 dengan data historis penjualan sebagai berikut :
Tahun                   Penjualan             Keterangan
2005           224.000 unit                  Penjualan disebar di Jakarta 60% dan Bandung 40%
2006           236.000 unit                  Waktu Penjualan menggunakan Dwibulan :
2007           240.000 unit                  Dwibulan 1 : 10%, Dwibulan 2: 15% Dwibulan 3: 12%
2008           246.000 unit                  Dwibulan 4: 20%, Dwibulan 5: 18% dan Dwibulan 6: 2009           254.000 unit                  25%.    Harga Jual tahun 2015 sebesar Rp 50,-
2010           260.000 unit
2011           275.000 unit
2012           265.000 unit
2013           280.000 unit
Diminta :
a.     Hitung forcas penjualan  tahun 2015 dengan metode Semi average
b.     Gambarkan grafiknya !
c.      Tentukan Penjualan tahun 2015 atas perhitungan forkas penjualan diatas
d.     Buatkan Anggaran Penjualan tahun 2015 hasil dari perhitungan Forkas penjualan diatas





Kasus         :
PT. Rahmi Nur Amalia merencanakan penjualan untuk tahun 2015 dengan data historis penjualan sebagai berikut :
Tahun                   Penjualan
2009           140.000 unit
2010           146.000 unit
2011           160.000 unit
2012           154.000 unit
2013           160.000 unit
Diminta :
a.     Hitung forcas penjualan  dengan metode Least square, metode moment, metode regresi !
b.     Gambarkan grafik !
c.        Tentukan Penjualan tahun 2015 atas perhitungan forkas penjualan diatas
d.       Buatkan Anggaran Penjualan tahun 2015 hasil dari perhitungan Forkas penjualan diatas
Dengan keterangan sebagai berikut :
Penjualan disebar di Jakarta 60% dan Bandung 40%
Waktu Penjualan menggunakan Dwibulan :
Dwibulan 1 : 10%, Dwibulan 2: 15% Dwibulan 3: 12%
Dwibulan 4: 20%, Dwibulan 5: 18% dan Dwibulan 6: 25%.
Harga Jual tahun 2015 sebesar Rp 50,-
Kasus 2
PT. Rahmah Nurul Islamiah merencanakan penjualan untuk tahun 2015 dengan data historis penjualan sebagai berikut :
Tahun                   Penjualan                       Diminta :
2008           240.000 unit         a. Hitung forces penjualan tahun 2015 dengan metode Least
2009           246.000 unit         Square, metode Moment dan metode regresi !
2010           254.000 unit         b. Gambarkan grafik dari perhitungan diatas !
2011           260.000 unit         c. Tentukan Penjualan tahun 2015 dr hasil perhitungan diatas !
2012           250.000 unit         d. Buatkan Anggaran Penjualan tahun 2015
2013           260.000 unit        
Keterangan sebagai berikut :
Penjualan disebar di Jakarta 60% dan Bandung 40%
Waktu Penjualan menggunakan Dwibulan :
Dwibulan 1 : 10%, Dwibulan 2: 15% Dwibulan 3: 12%
Dwibulan 4: 20%, Dwibulan 5: 18% dan Dwibulan 6: 25%.
Harga Jual tahun 2015 sebesar Rp 50,-

 

 Bisa juga di download di situs :
http://www.4shared.com/office/afxXiGsUce/bab_2_anper.html

0 komentar:

Post a Comment

 
VARIASIBLOGGER